Apa itu komunikasi ?
Komunikasi adalah sebuah cara yang digunakan sehari-hari
dalam menyampaikan pesan/rangsangan(stimulus) yang terbentuk melalui sebuah
proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Dimana satu sama lain memiliki
peran dalam membuat pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan/rangsangan
tersebut, serta memeliharanya di ruang publik. Dengan tujuan sang
"receiver" (komunikan) dapat menerima sinyal-sinyal atau pesan yang
dikirimkan oleh "sender" (komunikator).
Definisi Komunikasi menurut para ahli :
1.
Menurut
Aristoteles, komunikasi adalah sebuah alat dimana warga masyarakat dapat
berpartisipasi dalam demokrasi. Sedangkan Barnlund mengemukakan bahwa
komunikasi timbul karena adanya dorongan kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi ketidakpastian,
bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
2.
Raymond Ross, Komunikasi adalah proses menyortir, memilih,
dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar
membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan
oleh komunikator.
3.
Carl I. Hovland, Komunikasi adalah
suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya
dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
4.
Colin Cherry, Komunikasi adalah
proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai
tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh
penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
5.
Menurut Forsdale (1981) seorang ahli pendidikan terutama
ilmu komunikasi : Dia menerangkan dalam sebuah kalimat bahwa
“communication is the process by which a system is established, maintained and
altered by means of shared signals that operate according to rules”. Komunikasi
adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan
tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan
aturan.
Tidak hanya sekedar memberi dan menerima informasi saja. Banyak
tujuan dari komunikasi bagi kelangsungan hidup manusia, utamanya tujuan
komunikasi adalah menciptakan pemahaman bersama, atau mengubah persepsi, bahkan
perilaku. Pada umumnya tujuan komunikasi antara lain :
a.
Supaya yang disampaikan dapat dimengerti oleh pihak lain.
b.
Memahami orang lain
c.
Supaya gagasan dapat diterima oleh orang lain
d.
Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu.
Pentingnya komunikasi bagi manusia didasarkan pada
kebutuhan hidup manusia guna memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dsb. Dalam
komunikai dibutuhkan sebuah proses agar dapat mencapai tujuannya. Bagaimana
proses komunikasi itu?
PROSES KOMUNIKASI
Dalam proses komunikasi ada 2 subject yang berperan
yakni, Sender (pengirim) dan Reciever (penerima) dimana peran sender sebagai
pengirim pesan atau informasi yang harus disampaikan kepada penerima . receveir
sebagai penerima pesan atau informasi yang dikirim oleh pengirim pesan.
Apa saja unsur-unsur
transportasi?
5 (Lima) Unsur Komunikasi Menurut Harold Lasswell.
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa?
mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa?
(who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell
1960).
1.
Who? (siapa/sumber).
Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk
berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi,bisa seorang
individu,kelompok,organisasi,maupun suatu negara sebagai komunikator.
2.
Says What? (pesan).
Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima(komunikan),dari
sumber(komunikator)atau isi informasi.Merupakan seperangkat symbol verbal/non
verbal yang mewakili perasaan,nilai,gagasan/maksud sumber tadi. Ada 3 komponen
pesan yaitu makna,symbol untuk menyampaikan makna,dan bentuk/organisasi pesan.
3.
In Which Channel? (saluran/media).
Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari
komunikator(sumber) kepada komunikan(penerima) baik secara langsung(tatap
muka),maupun tidak langsung(melalui media cetak/elektronik dll).
4.
To Whom? (untuk siapa/penerima).
Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari
sumber.Disebut
tujuan(destination)/pendengar(listener)/khalayak(audience)/komunikan/penafsir/penyandi
balik(decoder).
5.
With What Effect? (dampak/efek).
Dampak/efek yang terjadi pada komunikan(penerima) setelah
menerima pesan dari sumber,seperti perubahan sikap,bertambahnya pengetahuan,
dll.
Sumber Referensi : Materi Kuliah Media Komunikasi Publik, Drs. Khaerul
Huda, M.Si. Kepala DISHUBKOMINFO Kota Tegal
0 komentar:
Posting Komentar